Monday, June 11, 2007

Perubahan

Menurut kodratnya, manusia adalah mahluk yang tidak pernah puas. Manusia selalu berusaha untuk memperoleh sesuatu yang lebih. Jika manusia sudah puas dengan apa yang ada saat ini, maka segala sesuatu di dunia ini akan berhenti berkembang.

Bayangkan seandainya manusia sudah puas dengan adanya kantor pos, yang bisa mengirimkan surat dalam hitungan minggu bahkan bulan, dan tidak mau memikirkan hal lain seperti internet yang bisa mengirimkan email dalam hitungan detik!

Di dunia ini ada banyak sekali orang yang tidak puas dengan kondisi mereka saat ini dan ingin memperoleh hasil yang berbeda. Tetapi masalahnya mereka tetap melakukan hal yang sama. Mereka tidak mau berubah.

Memang, perubahan itu tidak enak, awalnya. Sekarang coba Anda rapatkan kedua telapak tangan Anda seperti posisi orang mau berdoa. Perhatikan posisi jempol Anda! Apakah jempol kanan Anda berada di atas jempol kiri? Itu berarti Anda adalah seorang pemikir. Bila jempol kiri Anda berada di atas jempol kanan, itu tandanya Anda adalah seorang yang sexy. Tapi bila kedua jempol Anda sejajar, itu tandanya Anda pikir Anda sexi.
Just kidding!

Sekarang, bila jempol kanan Anda berada di atas jempol kiri atau sebaliknya, coba di rubah! Apa yang Anda rasakan? Itulah perubahan!

Awalnya memang tidak enak. Tapi perlu Anda sadari bahwa manusia adalah mahluk kebiasaan. Bila Anda memiliki sebuah kebiasaan baru, misalnya lari pagi. Mungkin awalnya Anda akan merasa sangat tersiksa karena harus bangun pagi-pagi, harus ngos-ngosan. Tapi bila Anda melakukan kebiasaan lari pagi itu terus-menerus, selama beberapa waktu, relatif untuk setiap orang, maka lari pagi akan menjadi kebiasaan baru Anda. Dan bila Anda tidak melakukannya, Anda akan merasa ada yang kurang.

Demikian halnya bila saat ini Anda merasa apa yang sudah Anda hasilkan selama ini tidak cukup, Anda ingin menambah penghasilan. Maka Anda harus mau berubah. Misalnya, Anda harus rela menambah jam kerja Anda, merubah kebiasaan Anda, yang biasanya setelah pulang kerja, Anda bisa nonton TV bersama keluarga, kini Anda harus bekerja sampingan. Tentunya hal itu tidak enak, tidak nyaman.

Bertahanlah! Anda akan terbiasa. Dan suatu saat, Anda akan menikmati hasilnya.

Sukses untuk Anda!

Fendi Heri Yanto
Build Assets!!! Or work ‘til you drop.


“Everything changes except the law of change.”
-Heraclitus-

No comments: